Gitar sangat berpengaruh terhadap perkembangan permainan kamu lho sob. Gitar yang jelek hanya akan membuat tangan pedih

Belajar Bermain Gitar. Saya orang yang suka mendengarkan musik, namun tidak pernah menyentuh gitar dari kecil. Keluarga saya memang keluarga yang tidak bisa memainkan musik, namun hal ini bukanlah alasan untuk tidak mau bahkan menyerah untuk bermain gitar.
Saya pertama kali memegang gitar kelas 1 SMA dimana banyak sekali teman-teman satu angkatan membawa gitarnya ke sekolah. Dan cerita belajar gitar saya dimulai dari sini.

Setelah saya bertanya-tanya langsung pada teman saya yang notabene adalah seorang profesional bermain gitar (dia adalah gitaris grup band paling terkenal di SMA Kami). Lalu dia memberikan banyak sekali saran yang sangat bermanfaat tentang cara belajar gitar paling mudah.




Bagaimana Cara Belajar Gitar?

1. Temukan gitar yang bagus
Gitar sangat berpengaruh terhadap perkembangan permainan kamu lho sob. Gitar yang jelek hanya akan membuat tangan pedih, nadanya sumbang dan bahkan tidak bisa dimainkan di khalayak publik karena suaranya yang tidak yahut. Terlepas dari skill, kamu tetap membutuhkan gitar yang baik. Sayang jika kamu mempunyai skill bagus namun bermain dengan gitar yang jelek. Tidak ada pemain gitar yang bermain dengan gitar sembarangan apalagi gitar sayur akustik 150 ribuan. Jika kamu memang benar-benar ingin bisa memainkan gitar dengan baik maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memilih gitar.

Sesudah kamu menjadi seorang yang profesional, bahkan gitar sayur pun bisa menjadi bagus ketika kamu memainkannya, namun kalian tidak akan mengerti bagaimana cara mereka berlatih gitar sebelumnya bro.

Pilih satu yang terasa nyaman untuk dipegang, dan pastikan itu adalah ukuran yang tepat untuk tanganmu. Jika kamu ingin membeli gitar usahakan kamu pernah memainkan gitar, atau setidaknya meminjam gitar teman yang pro bermain gitar. Jangan pernah tergoda oleh sales gitar karena kemungkinan besar kamu akan diplorotin. 

Cara memilih gitar yang bagus adalah:
  1. Tanyakan merk dan buatan mana
  2. Tanyakan tentang usia dan kondisi gitar
  3. Uji gitar secara langsung
  4. Uji lagi sepuasnya, ajak teman yang bisa bermain gitar lihai
  5. Rasakan dentuman di tangan apakah nada sumbang atau tidak
  6. Pastikan gitar terasa nyaman di tangan
  7. Cek fisik, apakah ada retak dan rusak 
  8. Terakhir cek besi-besi apakah berkarat atau tidak
Merk Gitar Yang Bagus
Ada beberapa merk gitar yang bagus dan semuanya tergantung dari budget kalian masing-masing. Untuk saat ini gitar yang paling reccomended, murah, bagus dan berkualitas adalah guitar akustik merk YAMAHA.

Jika kamu suka gitar yang bentuknya lebih kecil kamu bisa memilih guitalele. Ukurannya lebih kecil namun suaranya sangat nyaring dan mantap didengar.

2. Temukan seorang guru yang hebat
Saya punya dua guru, satu adalah teman dan satu adalah mentor. Saya sangat cocok dengan mereka karena cara mengajarnya bukan memberikan tutorial namun membiarkan saya bermain dan dia selalu memberikan improvisasi dan ilmu yang cocok dengan saya. Saya tidak merasa terbebani saat bermain gitar. 

Kamu bisa menemukan banyak sekali guru gitar. Bisa dari teman kamu ataupun mencari tentor di les gitar terdekat di rumah kamu. 

3. Bermain..Bermain.. Bermain Terus
Ada perbedaan antara bermain dan berlatih. Saat kamu hanya bermain, kamu kembali ke alur yang sudah dikenal dan jarang memaksakan diri. Berlatih membawa kalian ke tingkat berikutnya, dan bahkan jika kamu hanya melakukan latihan, manfaatnya bisa sangat besar.

Saya sendiri cenderung sering berlatih, bukan bermain gitar. Saya habiskan separuh waktu hanya untuk berlatih keras. Semakin saya belajar maka semakin banyak ilmu yang saya tidak tahu. Jika sedang bosan barulah saya bermain sesekali khususnya dengan teman dan keluarga dekat saya.

4. Paksa dirimu
Jika kamu sudah berniat ingin belajar gitar, maka paksalah dirimu untuk belajar dengan cara totalitas. Mempelajari kunci, note, dan petikan-petikan untuk pemula memang sangat susah, namun jika kamu memaksa dirimu untuk berlatih rutin setiap hari kelak akan membuahkan hasil yang luar biasa.

Tidak peduli apakah kamu saat ini bisa bermain gitar atau mulai dari 0, jika berlatih keras kamu pasti bisa menjadi gitaris yang mampu bermain gitar dengan lihai. 

Saya sendiri tidak pernah belajar gitar untuk show off atau menunjukkan bakat saya kepada orang-orang. Saya hanya berlatih agar dapat memainan gitar dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Yang Terakhir, Ini adalah suka duka bermain gitar dan sedikit tips belajar gitar untuk pemula.

1. Jari-jari Kamu akan terasa sakit.
Jari-jari Kamu akan sangat sakit, untuk waktu yang lama. Kulit kamu akan kapalen (terkelupas ) dan hal ini sudah menjadi bagian dari sang guitarist, hehe

2. Kamu akan mengalami kram tangan.
Memegang leher gitar beberapa jam jangan dikira akan menyenangkan, kamu juga bisa merasakan kram tangan

3. Biasakan menyetem dan nyalakan kembali gitar Kamu - Kamu harus sering melakukannya.
Latihanlah stem guitar. Banyak tutorialnya, kapan-kapan saya akan memberikan tutorial paling mudah stem gitar. Kamu juga harus bisa memasang senar gitarmu sendiri karena ada kemungkinan senarmu jelek dan putus.

4. Kamu awal-awalnya memang cupu, tapi terimalah takdirmu

5. Latihan lebih penting daripada memikirkan gitar yang bagus
Ada kutipan Jeff Beck yang bagus. Dia berkata, "Para gitaris terbaik dapat membuat sesuatu terdengar bagus." Kamu dapat membeli, seperti, gitar seharga $ 20 dari toko pojok yang jelek dan jika Kamu benar-benar bisa bermain, maka Kamu dapat membuatnya terdengar bagus. Itu tidak ada hubungannya dengan jenis gitar yang kamu pakai, yang penting adalah skill.

6. Bermain dengan gitaris yang lebih berpengalaman.

7. Ada alasan gitar elektrik lebih mudah dimainkan.
Gitar listrik umumnya memiliki leher yang lebih kecil, tangan kamu tidak akan sakit saat memegang gitar lama. Gitar akustik dan gitar klasik umumnya memiliki leher yang lebih lebar, papan fret yang lebih tebal, dan aksi yang lebih tinggi. Lebih sulit untuk menekan catatan dan menahannya ketika Kamu baru memulai latihan.

8. Ekspresi artistik lebih penting daripada keterampilan teknis.

9. Ada banyak cara untuk belajar; pilih yang tepat untuk Kamu.

10. Berlatih, berlatih, berlatih!

11. Rangkul semua genre musik.

12. Kesabaran adalah kebajikan.

13. Gitar tidak dapat dimakan - tidak peduli betapa nikmatnya mereka terlihat.

Kamu harus ingat bahwa Kamu tidak bisa makan gitar Kamu - bahkan jika itu terlihat lezat. Kamu tidak bisa makan gitar. Kamu bisa mencoba, tetapi mereka tidak merasakan hal itu.



Demikian Sebelum Belajar Bermain Gitar Bacalah Hal-Hal Berikut Ini

Sekian dari kami, apabila kalian menemukan nada yang sumbang ataupun fals mohon untuk segera melaporkan pada kami agar langsung kita revisi. Kami selalu berusaha memberikan semuanya terbaik untuk para penikmat musik. Salam satu nada

Anda sekarang membaca artikel Sebelum Belajar Bermain Gitar Bacalah Hal-Hal Berikut Ini dengan alamat link https://www.chordgitar.id/2018/11/sebelum-belajar-bermain-gitar-bacalah.html
Disclaimer: All song lyrics and guitar chords on this website are sourced from the internet and can be distributed for the purposes of education and learning to play music especially playing guitar. If you find your content on this website please contact us immediately so we can delete it. Thanks.
Ayo Share Chord Gitarnya guys!


Post A Comment: